(sedikit) Berhasil bikin bolu ubi cilembu

Udah lama ngga isi blog ini, jadi sepi banget..ngga sempet juga mau isi2 blog soalnya sibuk (padahal sih sok2an aja sibuknya,hehe)..

lebaran udah lewat tapi kue bikinan sebelum lebaran masih ada (sampe bosen makannya), padahal kue nya enak (itusih testimoni dari orang lain yg udah ngerasain kue bikinan gw,hehe) tapi tetep ajah bosen tiap hari yg dilihat itu cuma castangel, nastar, biji ketapang, kripik pisang, n putri salju yg carut marut (tapi tetep enak loh.#ngelesdikit)..

kebetulan bokap gw baru pulang dari puncak n doi bawa ubi cilembu banyak banget, sebagian sih udah dipanggang sama mami tapi sebagian lagi masih menggeletak di lantai dapur, so dengan modal pas-pas an gw nekat pengen bikin bolu ubi cilembunya (tadinya sih pengen buat bolu tape tapi berhubung tapenya ngga ada jadi yg ada ajah).. gw coba pake resep sederhana yg pernah diajarin tetangga gw buat bikin bolu wortel, gw pikir kan wortel n ubi sama2 umbi2an so bisa dong si wortelnya gw ganti pake ubi..

oke singkatnya akhirnya gw buatlah si ubi dengan resep yg tercantum dibawah, gw ngga pake margarin tapi pake susu (berharap hasilnya akan lebih lembut gitu). namum keanehan mulai tampak saat adonan masuk ke loyang, kok kayaknya terlalu encer yah, trus ubinya mengendap semua dibawah(ubinya ngga gw parut halus dg parutan kelapa tapi parut kasar pake parutan keju). sempet dilemma juga mau dipanggang atau dikukus tus adonan, tapi akhirnya gw membulatkan tekad untuk memanggang aja bolunya..

keanehan terjadi lagi pas gw panggang, gw udah panggang adonan selama 40mnt tapi si adonannya masi ENCER,huhuhuhu..

gw panggang lebih dari 1jam, ngga gosong sih tapi hasil akhirnya tu bolu BANTAT sejadi-jadinya n ubinya ngga seenak yg gw harapkan, hiks..

yah ini gw tuliskan resepnya kali aja ada yg punya saran supaya bolunya jadi n mantab soalnya ubu cilembu kan manis banget n enak so sepertinya enak banget klo dibikin kue..jadi mohon koreksinya yah..hehehe

Bahan:

4 btr telur (gw pakenya yg kecil2)

125 gr terigu (segitiga biru dicampur sama kunci biru)

125 gr gula pasir

50 ml susu cair full cream

65 ml susu kental manis

250 gr ubi cilembu

1 sdt baking powder

 

Cara :

1. kocok telur n gula pasir sampe kental n putih

2. masukkan terigu n BP sambil diayak gantian dengan susu cair n susu kental manisnya

3. masukkan ubi cilembu yg udah diparut

4.panggang 170 C 40 mnt (seharusnya tapi karena gagal jadi lebih deh)

 

Enjoy..

🙂

Advertisements