Gallery

PENNYLANE BROWNIES

Pennylane Brownies

Daripada nganggur dirumah dan daripada main gak jelas cuman ngabisin uang dan bensin jadi aku putuskan untuk baking lagi (padahal hampir tiap hari aku buat kue sampe mami ku bosen ngeliatnya.hehe). Melihat stok DCC melimpah dirumah aku kepikiran pengen buat brownies, tapi brownies apa yah.. Mmm setelah cek2 lagi di laptop aku tertarik buat pennylane brownies, aku pake resepnya bu fero (bisa dilihat disini). Aku tertarik sama penampilan brownies nya yang mengkilap cantik banget.

Ini resepnya dengan sedikit modifikasi ku dan ini Cuma setengah resep aja, karena takut gagal.hhe

Bahan-bahannya:

2 butir telur (ukuran sedang)
180 gr gula pasir (aku lebihin 10 gr karena takut kurang manis soalnya coklat bubuknya aku lebihin)
115 gr minyak goreng
30 gr cocoa powder (aku pake 45 gr)
105 gr terigu serba guna (aku pake 100 gr)
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
60 gr kacang kenari, almond, kacang tanah sangrai (aku Cuma pake 20 gr kacang almond yang aku haluskan lalu aku tambahin DCC yang dipotong kotak sampai 60 gr)
45 gr chocochips (aku gak timbang berapa, asal masukin aja,hehe)
Tambahannya kacang almond/ kenari slice untuk taburan atasnya tapi karena gak punya stok kacang2an itu jadinya aku pake biji wijen aja yang lagi melimpah dirumahku.hehe

Cara buatnya:
– siapkan dulu semua bahannya, campur terigu dengan coklat bubuknya, sisihkan.
– sebelum kocok telurnya, panaskan oven 180 C (nanti saat dimasukkan adonannya oven harus benar2 panas supaya bisa terbentuk lapisan mengkilapnya) dan siapkan loyang ukuran 30x10x4 cm yang dialasi kertas roti dan oles dengan minyak atau margarin (aku pake parchment paper jadi gak perlu dioles minyak lagi)
– Kocok telur dan gula sampai mengembang dan kental benar supaya nanti hasilnya bisa mengkilap seperti punya bu Fero.
– setelah kental masukkan garam dan vanili sambil dikocok sebentar.
– Matikan mixer lalu masukkan campuran terigu sambil diayak, kemudian aduk pelan2 dengan menggunakan spatula.
– kalau udah rata masukkan minyak sedikit2 sambil terus diaduk pelan sampai homogen (tercampur sempurna).
– Setelah itu masukkan deh kacang2an yang udah disangrai dan chocochipsnya, aduk sebentar sampai rata. Lalu masukkan ke loyang dan taburi dengan kacang2an yang sudah diiris tipis. Panggang selama 35 menit.

Dan hasilnya, lagi2 gak sesuai sama harapanku, entah emang aku nya yg kurang teliti atau emang pengharapanku yang terlalu lebay.Brownies buatan ku gak bisa mengkilap atasnya feeling ku sih karena ovennya kurang panas. Trus rasa pahit coklat bubuk dan manisnya DCC yang sudah bikin aku ngiler ternyata ketutup sama rasa manis gulanya, berarti kebanyakan nih gulanya, lain kali aku kurangi 10 gram lah biar tetep ada rasa pahitnya. Aku juga ngarep bagian dalam browniesnya moist dan benar2 terasa coklatnya (maklumlah aku penggemar berat coklat), tapi ternyata dalamnya menurutku seperti bolu, entah ada yang salah atau emang aku ngarepnya berlebihan.huhu


Tapi enaklah buat temen minum  teh. Selamat mencoba yah..

Leave a Reply

