Gallery

Classic BlackForest for my younger brother’s Birthday

Hari ini tanggal 28 Februari 2012 adik kecilku ultah yang ke 8. Happy birthday ya dek, semoga jadi anak yang cerdas, sholeh, dan bisa membuat ortu bangga.

Dari hari2 sebelumnya aku dah tanya ke ortu mau dibuatkan selametan kecil2an gak, trus mau buat kue sendiri atau mau beli, tapi mereka gak bilang apa2 sampai tadi pagi bokapku bilang buatkan kue aja buat adeku dan buat acara ultah kecil2an(dan emang hanya untuk anak2 kecil).huhuhu sungguh sangat mendadak, untung hari ini aku gak pengen kemana2. yasudahlah akhirnya aku buka2 buku resep aja karena sebenernya gak punya bayangan mau buat apa. dilihat2 dan aku ingat2 adeku suka dengan black forest, so akhirnya aku putuskan bikin black forest ajalah, sebenernya agak ribet menghiasnya karena lagi2 aku gak punya ide sama sekali. Aku lihat2 beberapa resep hasil searching di mbah google, dan pilihanku jatuh pada resep black forest di web NCC, resepnya gak aku copy kan karena aku nyontek habis resep di web itu (Kalau mau liat resep aslinya bisa diklik disini).

Ada beberapa part yang aku modif dikit sih, terserah mau diikutin atau gak.hehe

Tadinya aku sempet kepikiran mau ngurangin jumlah putih telurnya, jadi di resep asli itu pakai 8btr telur utuh dan tadinya aku mau pakai 8 kuning telur dan 6 putih telur aja(kata ibunya temenku sih hasilnya bisa lebih lembut cake nya). tapi akhirnya aku malas untuk misahin putih dan kuningnya, jadi aku ikut resep asli aja. terus di resep asli tertulis 100gr mentega yang aku anggap sebagai butter, nah karena persediaan butter ku dah tipis banget dan kantong pun sudah menipis jadinya aku campur dengan margarin deh, jumlah pastinya aku gak tau karena aku asal aja nyampurin keduanya sampai 100gr,hehe.

Terus menurut resep asli, manggangnya itu pakai 3 loyang dan dioven bersamaan, namun apa daya aku cuma punya loyang ukuran 20cm satu2nya, terus kalo aku gantian manggangnya malah takut adonan terakhir bantet soalnya manggang satu adonan aja 25 menit, daripada nanti gagal dan udah gak ada banyak waktu so aku panggang aja sekaligus dalam satu loyang. alhasil, karena tinggi loyang hanya 4cm terus saat dimasukkin adonannya sudah memenuhi semua bagian loyang(gak ada sisa space sedikitpun) jadi pas dipanggang adonannya membumbung melewati tinggi loyang, untungnya sih gak luber kesamping tapi naik ke atas, Alhamdulillah.

Waktu memanggang cakenya pun jadi lebih lama, kira2 sampai 1jam deh(aku gak inget pasti), itupun bagian tengahnya masih moist tapi bagian pinggirnya dah kering. oia karena aku panggang pake otang kuno ku, supaya gak gosong saat dipanggang pada waktu yang lama dan api yang cukup besar jadinya aku taruh loyang berisi air dibawah rak ovenku yang ada adonannya, yah terinspirasi dari teknik Au Bain Marie sih, hehe. dan bener loh bagian bawah cake nya gak gosong sama sekali, hooraayyy!!!

 

Selesai memanggang cake nya aku masih harus membagi 3 lapisan cakenya, ini bagian yang paling aku gak suka karena aku paling ngga bisa membelah cake (hasilnya pasti miring2 gak simetris deh), huhuh. dengan modal Bismillah dan nekat bagaikan chef terkemuka aku belah cake nya pakai benang, soalnya kalau pakai pisau pasti hasilnya akan lebih ancur2an lagi.hahaha
Dan seperti dugaanku ternyata bener2 gak rata motongnya, hahahaha. doh ancur banget nih cake.

No problemo lah ya, ancur luarnya tapi dalamnya perfect.hahaha

Oke, satu masalah sudah berlalu, sekarang aku mau buat simple syrup untuk membasahi cake nya(soalnya bagian pinggir cake nya itu kering banget jadi takut seret kalo dimakan sama anak2). aku buat dengan mencampurkan air manisan cherry hitam dengan sedikit air dan aku tambahkan gula supaya manis(aku baru tau loh kalo air manisan cherry yang dikaleng itu lebih asam, sedangkan aku gak suka rasa asam). dan takaran gulanya sekira2nya ajah, hehe.

Jadilah si simple syrup dark cherry, eh tapi kok aku gak suka sama baunya yah. aku mulai mencari ide, eh aku liat pasta vanilla aku jadi kepikiran mau dibuat wangi vanilla ajah, so aku buat sampel formulasinya(kalo dibikin semua takutnya gak enak, sedangkan dark cherry nya cuma punya satu kaleng). dari wangi sih gak jelek2 amat, tapi rasanya vanilla nya serasa mematikan flavor si dark cherry nya. pake apa lagi yaaahhh?? aku jadi bingung, coba buka sana sini, eh nemu rhum di kulkas yang udah lama banget gak dipake. ragu2 sih mau pakai rhum nya, tapi dengan berbagai pertimbangan yang aku telaah dengan sotoy akhirnya aku pake rhum sekitar setengah sendok teh aja, wah wanginya langsung berubah jadi lebih enak.

okeh karena bermaksud supaya bagian cake yang kering tadi bisa moist, jadi aku kasih simple syrupnya yg rada banyakan, tapi disinilah sumber bencana nya.huhhu
saking nafsunya ngasih simple syrup nya, akhirnya tuh simple syrup sampe bleberan kemana2, menimbulkan becek dimana2, yang mengakibatkan whipped cream nya gak mau nempel saat aku mau jadikan “topeng” buat menutupi kejelekan cake ku (gara2 gak bisa men-trim cake dengan baik). sedih banget deh,aku dah hopeless, mana sedikit lagi acaranya mau dimulai, eh ditambah satu masalah lagi, saat aku ngocok whipped creamnya gak mau kental, dia malah mencair lagi.hiks

yasudahlah daripada stress sendiri jadinya aku  paksakan untuk tetep moles cake nya dengan whipped cream yang setengah lumer, dan pamungkasnya aku tutp aja pake coklat serut.huhuhu

overall semua memuji cake buatan ku, tapi yah itu masalahnya, cake nya becek.huhuhu

lain kali gak mau pake lebay ah bikinnya..

Leave a Reply

